Standar Kompetensi Kejuruan Broadcast:
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Memahami etimologi multimedia | 1.1 Mendeskripsikan tentang multimedia
1.2 Menjelaskan multimedia content production 1.3 Menjelaskan multimedia communication. |
2. Memahami alir produksi produk multimedia | 2.1 Menjelaskan proses pre production multimedia
2.2 Menjelaskan proses production multimedia 2.3 Menjelaskan proses post production multimedia. |
3. Merawat peralatan multimedia | 3.1 Menjelaskan langkah-langkah perawatan peralatan multimedia
3.2 Melakukan perawatan peralatan multimedia 3.3 Membuat kartu perawatan peralatan multimedia. |
4. Mengelola isi halaman web | 4.1 Memeriksa informasi untuk relevansi dan currency
4.2 Memeriksa links dan navigasi 4.3 Mengedit informasi sesuai kebutuhan 4.4 Menguji dan memastikan perubahan perubahan. |
5. Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi | 5.1 Menjelaskan prosedur pengoperasian kamera video
5.2 Mengoperasikan kamera video 5.3 Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar 5.4 Mengoperasikan kamera 5.5 Menata kabel-kabel kamera 5.6 Mengoperasikan clapper board. |
3. Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia | 3.1 Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)
3.2 Membuat sketsa 3.3 Menggambar perspektif 3.4 Menggambar objek 3.5.Menggambar ilustrasi. |
4. Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi | 4.1 Menjelaskan syarat animasi
4.2 Membuat gambar kunci 4.3 Mengatur dan melengkapi gambar kunci. |
5. Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip | 5.1 Mendeskripsikan gambar yang asli
5.2 Membuat gambar-gambar asli 5.3 Mendeskripsikan gambar tiga dimensi 5.4.Membuat gambar tiga dimensi. |
6. Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar) | 6.1 Mendeskripsikan syarat-syarat animasi
6.2 Membuat model warna dan tempat warna. |
7. Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia | 7.1 Menggunakan software teks multimedia
7.2 Mendesain teks multimedia. |
8. Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia | 8.1 Mengedit gambar digital
8.2 Menggunakan software grafik multimedia 2D 8.3 Menciptakan design grafik Multimedia 2D 8.4 Menampilkan karya seni digital 2D. |
9. Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia | 9.1 Menggunakan kamera digital
9.2 Menggabungkan foto digital kedalam rangkaian Multimedia 9.3 Menciptakan susunan karya seni foto digital dan grafik 2D. |
10. Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia | 10.1 Menjabarkan format audio digital
10.2 Menggunakan software audio digital 10.3 Merancang audio digital 10.4 Membangun track audio digital. |
11. Membuat story board aplikasi multimedia | 11.1 Mengidentifikasi kebutuhan
11.2 Merencanakan alur isi story board 11.3 Medeskripsikan proses pelaksanaan dalam story board. |
12. Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya. | 12.1 Menjelaskan dasar tata cahaya
12.2 Menjelaskan efek cahaya 12.3 Menyiapkan operasi lighting |
13. Menerapkan efek khusus pada objek produksi | 13.1 Mengidentifikasikan materi penunjang efek khusus
13.2 Menginstallasi software efek khusus 13.3 Membuat efek khusus pada obyek. |
14. Menyusun proposal penawaran | 14.1 Menganalisa syarat-syarat proyek
14.2 Mengidentifikasi keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan 14.3 Membuat rancangan biaya biaya dan sumber sumber yang ada 14.4 Membuat proposal 14.5 Membuat pengajuan permohonan tender. |