SK Kejuruan Broadcast

Standar Kompetensi Kejuruan Broadcast:

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Memahami etimologi multimedia 1.1 Mendeskripsikan tentang multimedia

1.2 Menjelaskan multimedia content production

1.3 Menjelaskan multimedia communication.

2. Memahami alir produksi  produk multimedia 2.1 Menjelaskan proses pre production multimedia

2.2 Menjelaskan proses production multimedia

2.3 Menjelaskan proses post production multimedia.

3. Merawat peralatan multimedia 3.1 Menjelaskan langkah-langkah perawatan peralatan multimedia

3.2 Melakukan perawatan peralatan multimedia

3.3 Membuat kartu perawatan peralatan multimedia.

4. Mengelola isi halaman web 4.1 Memeriksa informasi untuk relevansi dan currency

4.2 Memeriksa links dan navigasi

4.3 Mengedit informasi sesuai kebutuhan

4.4 Menguji dan memastikan perubahan perubahan.

5. Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi 5.1 Menjelaskan prosedur pengoperasian kamera video

5.2 Mengoperasikan kamera video

5.3 Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar

5.4 Mengoperasikan kamera

5.5 Menata kabel-kabel kamera

5.6 Mengoperasikan clapper board.

3.     Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia 3.1 Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)

3.2 Membuat sketsa

3.3 Menggambar perspektif

3.4 Menggambar objek

3.5.Menggambar ilustrasi.

4.    Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi 4.1 Menjelaskan syarat animasi

4.2 Membuat gambar kunci

4.3 Mengatur dan melengkapi gambar kunci.

5.    Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip 5.1 Mendeskripsikan gambar yang asli

5.2 Membuat gambar-gambar asli

5.3 Mendeskripsikan gambar tiga dimensi

5.4.Membuat gambar tiga dimensi.

6.       Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar) 6.1 Mendeskripsikan syarat-syarat animasi

6.2 Membuat model warna dan tempat warna.

7.       Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia 7.1 Menggunakan software teks multimedia

7.2 Mendesain teks multimedia.

8.       Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia 8.1 Mengedit gambar digital

8.2 Menggunakan software grafik multimedia 2D

8.3 Menciptakan design grafik Multimedia 2D

8.4 Menampilkan karya seni digital 2D.

9.       Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia 9.1 Menggunakan kamera digital

9.2 Menggabungkan foto digital kedalam rangkaian Multimedia

9.3 Menciptakan susunan karya seni foto digital dan grafik 2D.

10.   Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia 10.1 Menjabarkan format audio digital

10.2 Menggunakan software audio digital

10.3 Merancang audio digital

10.4 Membangun track audio digital.

11.   Membuat story board aplikasi multimedia 11.1 Mengidentifikasi kebutuhan

11.2 Merencanakan alur isi story board

11.3 Medeskripsikan proses pelaksanaan dalam story board.

12.   Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya. 12.1 Menjelaskan dasar tata cahaya

12.2 Menjelaskan efek cahaya

12.3 Menyiapkan operasi lighting

13.   Menerapkan efek khusus pada objek produksi 13.1  Mengidentifikasikan materi penunjang efek khusus

13.2 Menginstallasi software efek khusus

13.3 Membuat efek khusus pada obyek.

14.    Menyusun proposal penawaran 14.1  Menganalisa syarat-syarat proyek

14.2  Mengidentifikasi keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan

14.3 Membuat rancangan biaya biaya dan sumber sumber yang ada

14.4 Membuat proposal

14.5 Membuat pengajuan permohonan tender.

Print Friendly, PDF & Email